Tuesday, June 2, 2009

Tips Processor Tidak Cepat Panas

"Baru beberapa jam pemakaian suhu processorku di atas 65c" :t
Apakah sebagian dari Anda juga mengalami hal semacam ini?
tidak jarang juga kita berpikiran untuk mengganti casing yang lebih besar, atau bahkan memasang fan tambahan dalam casing, yeah that's okay, tapi berapa besar biaya yang harus kita keluarkan brur?
Nah bagi kita yang suka dengan berhemat(beda dengan pelit lho..)bisa menggunakan tips-tips di bawah ini bro, check it out.

Tips pertama,
Memberikan Thermal Grease
Apa itu thermal grease?
Jika Anda pernah melihat orang memasang heatsink pada prosesor, dan dikedua permukaan antara heatsink dan prosesor tadi diberi olesan merata seperti lem/compound, nah bahan itulah yang dimaksud sebagai thermal grease.
Thermal grease ini berfungsi untuk menutup celah udara antara permukaan heatsink dan processor yang ditimbulkan karena permukaan antara kedua komponen tersebut yang tidak rata.

tips kedua,
Pasang Heatsink dengan Benar
Hati-hati bro, pemasangan heatsink yang tidak benar bisa menimbulkan celah udara antara heatsink dan prosesor. Dan untuk memeriksa apakah ada celah udara antara heatsink dengan prosesor bisa dengan cara menekan sedikit ujung heatsink, bila terjadi perlawanan gaya berarti di dalamnya ada celah udara tuh..
Tapi tenang aja brur, heatsink fan yang umum biasanya didesain sedemikian rupa untuk memperkecil kemungkinan terjadinya salah pasang dan adanya celah udara.

tips ketiga,
Rapikan Kabel
Perlu diketahui juga kalau CPU yang terlihat seperti tertutup itu sebenarnya di dalamnya terdapat lalu lintas udara yang sangat dibutuhkan agar komponen-komponen yang di dalamnya tidak mudah cepat panas. Udara di dalam casing mengalir dari depan ke belakang dan menyapu panas yang dibuang oleh heatsink. Dan sitem perputaran udara ini akan terhambat jika di dalam casing perangkat Anda masih ada kabel-kabel yang melintang kesana-kemari layaknya ranting-ranting pohon yang menutupi alian udara kamar Anda. Sebagai solusinya, rapikan segera kabel-kabel yang masih bersliweran tadi berada di pinggir, dan tidak melintang di tengah-tengah ruangan casing sehingga tidak mengganggu aliran udara.
Jangan memposisikan kabel-kabel di atas heatsink fan atau di depan fan tambahan.

tips keempat,
Letakkan Casing di Tempat Strategis
Tempat strategis dalam hal ini adalah tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik(sejuk). Usahakan tidak ada sesuatu apapun yang menghalangi aliran udara dalam casing. Jangan meletakkan casing sangat dekat dengan dinding(tembok). Jarak terdekat dengan dinding atau tembok paling baik adalah sampai hilangnya hembusan angin dari fan.
Perhatikan pula suhu sekitar casing, karena suhu sekitar juga mempengaruhi suhu processor.

tips kelima,
Membuka Bays yang Kosong
Ini biasa digunakan bagi pengguna yang komputernya miskin fan, namun menginginkan agar processornya tetap dingin.
Caranya dengan melepas salah satu penutup bays yang kosong dan membiarkan udara masuk dari situ. Atau cara yang lebih fantastik lagi adalah dengan membuka penutup casing dan menggunakan kipas asngin sebagai pendingin, hehe...
upz jangan dianggap remeh dulu, bahwa ternyata cara ini cukup efektif untuk menurunkan suhu casing. Meski demikian, cara ini mempunyai kekurangan yaitu masuknya kotoran atau debu, dan juga kurang aman karena kemungkinan masuknya benda-benda asing sangat besar. Dan berhati-hati juga bagi yang menggunakan cara ini jika di pagi hari Anda menemukan bangkai tikus tergeletak di dalam casing komputer Anda, hehe...just kid^_^

tips keenam,
Jaga Kebersihan Casing dan Komponen di Dalamnya
Bersihkan casing dan komponen yang ada di dalamnya minimal setiap satu bulan sekali. Debu dan kotoran harus dihilangkan karena bisa menghambat aliran udara pada lubang sirkulasi, bahkan kotoran bisa saja masuk ke fan dan menyebabkan putaran fan menjadi lambat. Untuk itu rajin-rajinlah membersihkan perangkat Anda.

Hyupz, itu tadi tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk membantu menurunkan suhu processor Anda dengan mengoptimalkan komponen yang ada sebelum Anda memutuskan membeli heatsink atau fan tambahan. Mekipun cara tadi tidak menjamin 100% bisa menurunkan suhu, karena menurunkan suhu juga tergantung dengan Processor yang dipakai, aplikasi yang dijalankan, dan banyaknya komponen yang terpasang, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum mengeluarkan kocek Anda.:D

Comments :

0 comments to “Tips Processor Tidak Cepat Panas”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by tips trick computer and internet