Friday, June 12, 2009

Tips Melindungi Komputer dari Serangan Spyware

Setelah kita membahas tentang apa itu spyware dan bahayanya pada artikel sebelumnya, dan sekarang saya akan berbagi tentang bagaimana spyware bisa menginfeksi komputer Anda dan pencegahan-pencegahan untuk melindungi PC kita dari serangan spyware.:t
Ada beberapa kondisi yang memungkinkan komputer Anda untuk terinfeksi oleh spyware diantaranya:
~ Pemberian izin yang tidak disengaja pada waktu Anda mendownload/menginstal aplikasi.
Semisal, pada saat Anda menginstal suatu program yang juga menawarkan fitur-fitur software tambahan secara gratis, dan biasanya pilihan untuk menginstal atau tidak menginstal hanya ditampilkan dalam bentuk checkbox tunggal. Kondisi ini sering dimanfaatkan oleh pembuat paket spyware dengan memperhitungkan ketidaksadaran Anda dan Anda akan membiarkan terinstalnya software tambahan berupa spyware.

~ Tipuan PopUps
Hati-hati jika browser Anda tiba-tiba memunculkan pop-ups yang mencoba untuk menginstal software yang tidak Anda inginkan. Gejala seperti ini biasanya muncul pesan "To install this program, click Yes" dan setelah pop-ups ini diklik, mungkun Anda akan melihat komputer menampilkan bookmark yang dan terinstalnya software yang tidak diinginkan.

~ Shareware-freeware software
Banyak program shareware dan freeware yang dapat didownload dengan mudah, dan saya sarankan agar Anda waspada jika Anda ingin mendownload sesuatu program freeware di internet, karena bisa saja yang Anda download adalah paket spyware.

~ Email
Layanan inilah yang biasanya dijadikan sasaran empuk para cracker untuk melancarkan aksinya dengan memanfaatkan rasa penasaran pengguna agar membuka isi email yang berupa paket program spyware dengan iming-iming berbagai macam hadiah, seperti perjalanan gratis, wisata gratis dan lain sebagainya.

~ Berkunjung ke evil web site:v
Dengan memanfaatkan kelemahan sistem operasi windows dan browser Internet Explorer, para cracker mengupload evil script pada web site mereka, dan pada saat mereka berkunjung ke web site, secara diam-diam evil script menjalankan perintah-perintah untuk menginstal program spyware pada komputer pengunjung secara otomatis.

~ Menerima file saat chatting online
Hati- hati dalam menerima file apa saja dari orang yang belum Anda kenal. Karena kondisi ini bisa dimanfaatkan para cracker untuk mengirimkan file-file yang tidak Anda inginkan.

Setelah mempelajari kelemahan-kelemahan yang sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan dengan mencuri data-data penting kita, berikut adalah tip-tips melindungi komputer Anda dari kejahatan spyware.

1> Pastikan komputer Anda terpasang aplikasi antivirus dan antispyware (seperti AVG Free Edition for Windows atau mungkin MC Afee AntiSpyware) yang bisa melindungi keamanan komputer Anda dari serangan spyware.

2> Sebaiknya jangan menginstal sesuatu jika Anda tidak tahu betul akan fungsi dan kegunaan program tersebut.

3> Jangan membuka email yang Anda tidak mengetahui siapa pengirimnya, juga selalu aktifkan AntiSpyware dan AntiVirus untuk melakukan pengecekan terhadap file-filenya.

4> Hati-hati dalam melakukan browsing ke situs-situs yang tidak jelas seperti situs-situs underground, situs-situs hacking,cracking.

5> Apabila saat Anda browsing menggunakan browser Anda, tiba-tiba muncul pop-up window jangan klik ke windows tersebut tapi langsung saja tutup windows tersebut.
Pada browser IE aktivkan pop-up blocker, Tools>>Pop-up blocker>>Turn On Pop-up Blocker.

6> Jangan lupa untuk selalu update AntiVirus, AntiSpyware, dan juga Windows Anda.

Demikian ulasan tentang Spyware yang dapat saya sampaikan, hati-hati dengan keberadaan spyware, jangan biarkan orang lain memanfaatkan data privasi kita untuk keuntungan mereka.:)

Comments :

0 comments to “Tips Melindungi Komputer dari Serangan Spyware”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by tips trick computer and internet