Thursday, June 11, 2009

Spyware

Cuma mau berbagi ilmu saja tentang pengertian apa itu Spyware dan bahaya yang mengancam di balik aplikasi ini. Spyware merupakan suatu aplikasi yang memungkinkan para pemasang iklan untuk mendapatkan informasi mengenai kebiasaan pengguna komputer di mana spyware tersebut terpasang. Program Spyware bukanlah Virus yang bisa merusak sistem kerja komputer, namun kemampuan untuk mendapatkan informasi dari sebuah PC yang terinstal program inilah yang wajib kita perhatikan dan harus kita waspadai agar data-data penting yang ada di dalam PC kita terhindar dari ancaman Spyware.
Dan sebagai catatan, dalam beberapa kasus, tidak sedikit para pengguna PC tidak menyadari kalau di dalam komputer mereka telah terinstal spyware, dikarenakan tidak jarang mereka meremehkan keamanan komputer mereka, bahkan tidak satupun aplikasi AntiSpyware terpasang pada komputer mereka. Sehingga, pada saat mereka terhubung ke internet dan tanpa mereka sadari, program spyware telah terdownload secara otomatis.
Spyware akan jalan di komputer Anda dan akan mencatat semua aktivitas Anda (seperti misal spyware mencatat situs apa saja yang Anda kunjungi) dan kemudian melaporkannya pada pihak lain. Aktivitas ini jelas akan menghabiskan resource pada komputer, dan dapat memperlambat kinerja komputer.

Program spyware yang paling terkenal adalah Trojan, digunakan oleh para penyerang untuk mendapatkan informasi-informasi data penting dari komputer korbannya, seperti misal alamat email, usename, password, file download, dll.
Ada juga program Adware merupakan program yang termasuk dalam kategori spyware. Program ini menginstal dirinya secara diam-diam, dan membuat fungsi komputer menjadi tidak benar. Program-program ini sering menolak instalasi ulang.

Tanda-tanda PC terinfeksi spyware :
~ Kinerja PC cenderung lamban dari biasanya
~ Muncul situs asing menggantikan situs yang biasa Anda pakai untuk pencarian
~ Terdapat item tambahan pada daftar favorites, padahal Anda tidak pernah merasa
menempatkan item tersebut. Dan apabila Anda menghapusnya, item tersebut selalu
terlihat di Favorites secara terus-menerus.
~ Toolbar search atau toolbar browser terlihat lain padahal Anda tidak pernah
menginstalnya.
~ Lampu dial up modem berkedip seperti pada waktu Anda mendownload file atau surfing,
padahal Anda sedang tidak olnline.
~ Anda sering mendapatkan pop up iklan ketika browser sedang tidak aktif atau bahkan
ketika komputer Anda tidak terhubung ke Internet.
~ Homepage browser Anda berubah menjadi sesuatu yang tidak diinginkan, dan pada saat
Anda ingin mengubahnya secara manual, tampilan homepage kembali berubah lagi.

Nah, dari penjelasan-penjelasan di atas pasti Anda bisa menyimpulkan seberapa bahayanya spyware terhadap data-data privasi Anda, dan sebagai penjelasan mengenai tips-tips melindungi komputer dari serangan Spyware dapat Anda lihat di sini.

Comments :

0 comments to “Spyware”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by tips trick computer and internet