Thursday, July 9, 2009

Tips Mengadapi Tes Wawancara

Berbagi pengalaman ketika saya lolos menghadapi seleksi rekrutmen PLN tahap tes wawancara yang diadakan 3 hari yang lalu.
Menjelang 4 hari sebelum hari H, saya bingung harus mempersiapkan apa untuk menghadapi tes wawancara tersebut, mengingat ini merupakan tes wawancara perdana saya, karena juga saya tergolong masih fresh graduate dan juga aktifitas pertama saya melamar pekerjaan, hehe... Teringat akan sosok paman yang smart dan bisa di andalkan, langsung saja saya hubungin paman yang selalu siap membantu saya dalam hal apapun, Paman Google. Pertama saya masukkan keyword tips wawancara, dan saya mendapatkan halaman milik mas nova http://novaku.wordpress.com di dalam situs tersebut, saya menangkap beberapa poin yang bisa saya gunakan untuk menghadapi tes wawancara pada bagian disaat kita diminta oleh pewawancara untuk menceritakan sesuatu tentang diri Anda. Banyak orang yang mungkin hanya menjawab "Saya Ulan lahir pada tanggal 11 Desember 1989, anak bapak Lilik dan ibu Patimah, dan saya merupakan anak keenam dari lima bersaudara". Tidak ada yang bisa menjadikan alasan mengapa Anda harus dipertimbangkan dalam seleksi ini. Anda dapat menceritakan tentang aktivitas, atau bahkan hoby Anda yang menunjukan bahwa anda patut untuk diperhitungkan.
Setidaknya Anda melakukan persiapan-persiapan sebelum tes wawancara dimulai, bisa menggunakan cara saya ini:
Sehari sebelumnya,
1. Anda bisa berlatih berbicara dengan teman Anda agar Anda terbiasa mengungkapkan pemikiran-pemikiran Anda,
jika Anda membutuhkan pertanyaan-pertanyaan untuk latihan bisa dilihat di http://bursa-kerja.ptkpt.net atau di http://www.resep.web.id
2. Istirahat yang cukup.
Pada saat hari H,
3. Bangun pagi, sholat subuh (bagi yang muslim) jangan lupa berdoa,
4. Sarapan yang bergizi untuk menjaga konsentrasi,
5. Kalau perlu mandi dengan air hangat untuk merelaksasi anggota badan dan pikiran,
6. Usahakan tiba di tempat 30 menit sebelum tes (kalau perlu 60 menit sebelum tes untuk beradaptasi dengan suasana baru),
7. Dan yang terakhir, baca Bismillah and good luck.




Thx to :
1. Allah SWT yang telah memberi jalan untuk saya.
2. Mom and Dad, I love you.
3. Sita, thx udah nemenin beli celana, hehe..u're my inspiration.^_^
4. Buk Piii, udah mendekin celana yang berlebihan, hehe..
5. For everyone who have supported me..
Cukup sekian dan Assalamualaikum

Comments :

0 comments to “Tips Mengadapi Tes Wawancara”

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by tips trick computer and internet