Monday, July 27, 2009

Rahasia Dibalik Manfaat Buah Pisang


Kali ini saya ingin berbagi tentang sejuta manfaat yang terkandung dari buah yang sangat terkenal di desa saya, yaitu buah pisang. Hloh om, perasaan ga nyangkut deh ma tema blog lo? dan jawaban gue, terserah donk, blog gue ndiri.. Hehe..
Langsung saja kita bongkar misteri buah pisang, hihi..
Buah pisang.. Siapa sih yang ga kenal dengan buah satu ini? Buah yang gampang sekali tumbuh subur di tanah negeri kita Indonesia ini. Buah ini mengandung energi yang bersifat instan, yaitu mudah tersedia dalam waktu singkat untuk memenuhi kalori bagi tubuh dan tak heran, karbohidrat yang terkandung dalam buah ini bisa menjadi cadangan energi yang sangat baik bagi tubuh.

Simak saja nilai-nilai apa saja yang terkandung pada buah ini :
~ Karbohidrat pisang menyediakan energi sedikit lebih lambat dibandingkan dengan gula pasir dan sirup, tetapi lebih cepat dari nasi, biskuit, dan sejenis roti lainnya.

~ Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram berbeda dengan apel yang hanya memiliki 54 kalori tiap 100 gram.

~ Memiliki kandugan vitamin yang sangat tinggi diantaranya : provitamin A (betakarotin=45 mg/100 gram), vitamin B (tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin) yang berperan dalam metabolisme protein (khususnya Serotonin yang berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak)

~ Mengandung zat besi yang dapat merangsang produksi hemoglobin(sel darah merah) sehingga mampu membantu mengatasi penyakit anemia(darah rendah)

~ Mengandung potassium yang cukup tinggi dan rendah garam, membuat tekanan darah menjadi lebih baik.

~ Memiliki zat asam semut (penetral asam) yang alami terhadap tubuh, dan buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita sakit jantung, karena bermanfaat untuk meringankan rasa sakit tersebut.

Fakta buah pisang :
~ Berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada 200 orang pelajar sekolah di Twickenham (Middlesex) diketahui mereka terbantu saat menjalani ujian di sekolahnya. Para siswa itu mengonsumsi pisang pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang sebagai pemacu.

~ Institut Psikologi di Austria menemukan bahwa tekanan pada pekerjaan mendorong kita untuk mengonsumsi (lebih senang memakan) snack, coklat, keripik dan sebagainya. Dan dilaporkan bahwa untuk menghindari kecanduan makanan tersebut, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan makanan ringan yang tinggi karbohidrat setiap 2 (dua) jam, dan untuk menjaga kadar gula tersebut stabil, adalah dengan mengonsumsi buah pisang.

~ Penelitian juga dilakukan terhadap orang yang mengalami stres dan depresi, banyak terbantu setelah mengonsumsi pisang, dikarenakan pisang mengandung Tryptphan (sejenis protein yang diatur tubuh menjadi Serotonin, yang membawa efek relax dan mampu mebuat suasana hati menjadi lebih baik.

~ Selain itu juga dapat menormalkan detk jantung, mengirim oksigen, dan mengendalikan kadar cairan tubuh.

Haduwh, panjang juga yah? Capekk..
Nah,.. Kesimpulannya, buah pisang memiliki kadar karbohidrat yang cukup tinggi, ini bisa kita manfaatkan jika kita membutuhkan cadangan energi yang cukup, oleh karena ituuu... Bentar lagi kan puasa tuh? Buah pisang bisa dijadikan pertimbangan buat menu sahur kita, lumayan kan selain sebagai pencuci mulut, bisa juga dijadikan sebagai cadangan energi untuk menghadapi aktifitas kita pada bulan puasa.

Terima kasih

dikutip dari berbagai sumber

Comments :

3 comments to “Rahasia Dibalik Manfaat Buah Pisang”

Aku Tidak Juga Kau said...
on 

Wah ternyata... baru tahu saya, tulisan yang bagus Sob :)

narti said...
on 

ternyata banyak manfaatnya yah...
TFS friend.

yanmaneee said...
on 

pandora
off white nike
supreme
jordan shoes
supreme clothing
yeezy
supreme shirt
lebron james shoes
kyrie 4 shoes
golden goose sneakers

Post a Comment

 

Copyright © 2009 by tips trick computer and internet